Kegiatan Maulid Nabi, LOKETA dan BULBA

 Kegiatan Maulid Nabi, LOKETA dan BULBA

 

Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Kayana Damita Hanafy dari kelas 8D. Saya ingin memberitahu tentang kegiatan Maulid Nabi, LOKETA dan BULBA yang terjadi di SMP Labschool Jakarta pada tanggal 26 Oktober 2020. Kegiatan maulid nabi, loketa dan bulb aini diikuti oleh semua siswa dan siswi SMP Labschool Jakarta. Saya juga akan menceritakan pengalaman saya dari mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut.

 


Sebelum saya memberitahu tentang kegiatan-kegiatannya, saya akan jelaskan dulu apa itu LOKETA dan BULBA. LOKETA adalah singkatan dari Lomba Keterampilan Agama. Jadi di kegiatan LOKETA, semua lomba-lombanya berkaitan dengan agama. Lomba-lombanya adalah Kaligrafi indah, Menulis komik strip dengan tema, Azan, Da’I dan Da’iyah, MTQ, dan Tahfidz. Setelah itu, ada BULBA. BULBA adalah singkatan dari Bulan Bahasa. Jadi di kegiatan BULBA, semua lomba-lombanya berkaitan dengan Bahasa Indonesia. Lomba-lombanya adalah Debat, Puisi, E-Poster, Pidato, Cerpen, dan Fotu.

 


Setiap tahun, ketiga acara ini diadakan bersamaan dan tahun ini juga sama. Yang membedakan acara tahun ini dengan tahun lalu adalah tempatnya dan bagaimana acara ini dilaksanakan. Tahun lalu, acara ini dilaksanakan di sekolah secara offline. Sedangkan, tahun ini kami harus melaksanakan acaranya di rumah masing-masing secara online dengan menggunakan zoom meeting karena pandemi COVID-19.

 

Acaranya dimulai jam 7:00 pagi tetapi siswa-siswi harus sudah berada di dalam zoom jam 6:45. Acaranya dibuka oleh MC dari OSIS Gadhiwara. Setelah pembukaannya, dilanjut oleh tilawah dan saritilawah oleh Rohis Amin, sambutan dari ketua POMG yaitu dr. Deny Aryasari, sambutan dari kepala sekolah yaitu Drs. Asdi Wiharto dan sambutan dari kepala BPS yaitu Prof. Dr. Sofyan Hanif, M.Pd. 

 

Setelah pembukaan, acaranya dimulai dengan Maulid Nabi. Maulid Nabi merupakan kegiatan untuk semua orang muslim untuk lebih ingat kepada Nabi Muhammad SAW. Untuk merayakan ada ceramah yang disampaikan oleh Ustad Usaid Fatahurrahman. Dalam ceramah tersebut banyak pesan yang terkandung di dalamnya. 

 

Setelah maulid nabi selesai, siswa-siswi dapat beristirahat dari pukul 08:20 sampai 08:50. Jam 09:00 lomba untuk LOKETA dan BULBA dimulai. Siswa yang lomba diarahkan untuk ke zoom meetingnya masing-masing. Siswa yang tidak ikut lomba akan menjadi supporter untuk lomba-lomba yang sudah ditentukan oleh gurunya. Saya mengikuti lomba kaligrafi indah dan di lomba itu kita harus menggambar kaligrafi salah satu asmaul husna dan membuatnya indah dengan mewarnainya.

 

Setiap lomba selesainya beda-beda dan jika lomba yang diikuti sudah selesai, pesertanya harus ke zoom meeting lomba debat dan nonton debat dari dua kelompok. Babak final dari lomba debat disaksikan oleh seluruh siswa melalui zoom dan live youtube.

 

Itulah acara Maulid Nabi, LOKETA dan BULBA di SMP Labschool Jakarta dalam masa pandemi COVID-19 ini. Sekian dari saya, Wassalamualaikum wr.wb.

 






 

 

Comments

Popular Posts