Digital Labs




Assalamu’alaikum Wr. Wb. Nama saya Kayana Damita Hanafy dari kelas 8D, SMP Labschool Jakarta. Hari ini saya akan menjelaskan pengalaman saya dan apa yang saya pelajari saat Digital Labs 2020 yang diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 29 September 2020. 

 

Sebelum saya jelaskan apa yang dilakukan dalam acara Digital Labs, kita perlu tahu dulu apa itu Digital Labs. Digital Labs adalah acara yang diadakan di SMP Labschool Jakarta dan di acara itu, kita diajarkan tentang beberapa macam pelajaran yang berhubungan dengan teknologi dan informasi yang terkait dengan teknologi.

 

Digital Labs diadakan setiap tahun dan karena kondisi tahun ini  ada pandemi COVID-19, kita harus melaksanakan Digital Labs lewat zoom. Di tahun sebelumnya, kita dapat bermain game yang berhubungan dengan teknologi seperti Scratch yaitu adalah aplikasi untuk koding. Siswa-siswi dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok harus bermain scratch sesuai dengan yang diperintahkan. Yang paling cepat mengerjakannya akan menang dan bisa mendapatkan hadiah. Tetapi, tahun ini kita hanya diberitahukan tentang materi. Walaupun hanya dijelaskan tentang materi, Digital Labs ini tetap seru karena kita dapat belajar hal-hal baru dan tetap bisa memenangkan hadiah dari pembawa materinya.

 

Digital Labs dimulai pada pukul 07.00. Di waktu itu siswa-siswi dan guru-guru masuk ke zoom meetingnya sampai jam 07.10. Setelah itu ada pembukaan oleh MC acara tersebut dan sambutan dari kepala sekolah SMP Labschool Jakarta yaitu bapak Drs. Asdi Wiharto, ketua POMG yaitu ibu dr. Deny Aryasari M.Kes dan kepala BPS Laboratorium UNJ yaitu bapak Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. Setelah itu, ada doa untuk membuka acara Digital Labs ini yang dipimpin oleh bapak Drs. Dedi Hadi Rizki yang merupakan guru agama di SMP Labschool Jakarta.

 

Setelah doa, siswa-siswi di dalam zoom meeting tersebut dibagi ke breakout room yaitu adalah room di dalam zoom meetingnya yang ditentukan dan dibuat oleh host dari meeting tersebut. Siswa kelas 7, gurunya dan pembicara untuk kelas 7 di zoom yang utama, kelas 8, gurunya dan pembicara untuk kelas 8 di dalam breakout room yang satu dan kelas 9, gurunya dan pembicara untuk kelas 9 di breakout room yang lain.

 

Setelah dibagikan ke breakout room, pada pukul 07.45, materi dari acara Digital Labs dimulai dengan “Bijaksana Berselancar Internet di Masa Pandemi Covid-19” yang dibawa oleh bapak Firman Ramadhani, M.Psi, Psikolog untuk kelas 8. Kelas 7 mendapatkan materi “Menjadi Pribadi dan Teman yang Baik selama PJJ” dan kelas 9 mendapatkan materi “Kecemasan Remaja di Masa Pandemi Covid-19”.

 

Materi pertama berlangsung sampai pukul 09.30. Setelah materi pertama selesai, kita diperbolehkan mematikan kamera tapi tidak diperbolehkan keluar dari zoom meetingnya. Kita disuruh untuk mengistirahatkan mata karena mata kita sudah bertatapan dengan layar selama berjam-jam dan itu tidak bagus untuk kesehatan mata. Kita juga disuruh untuk berjemur supaya tubuh kita bisa mendapatkan vitamin D karena selama pandemi ini, kita lebih sering di dalam rumah jadi tidak terlalu banyak mendapatkan vitamin D dari matahari.

 

Pada pukul 10.00, yaitu waktu istirahat selesai, kita melanjutkan acaranya dengan materi berikutnya. Materi yang kedua dibawakan oleh Ibu Ninin Musa, seorang produser film yang memberitahukan kita tentang proses membuat film.

 

Setelah materi yang kedua, ada materi yang terakhir yang dibawakan oleh Bapak Deswara Aulia yang menjelaskan tentang film editing seperti CGI sampai pukul 12.00. Setelah itu Digital Labs sudah selesai dan siswa boleh meniggalkan zoom dan istirahat. Seperti itulah Digital Labs 2020 di masa pandemi ini.

Comments

Popular Posts