Soal Essay



1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalaan. Semua perintah yang dijalankan dan data yang diproses diberikan dalam bentuk kode-kode digital.

 

2. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

  1) Pseudocode = Rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.

  2) Flowchart = Diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruk-instruksi yang berbeda.

 

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

START

Move ‘Posisi Awal’

WRITE ‘I’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘P’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘O’

Move ‘Posisi Awal’

WRITE ‘G’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘E’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’

END

 

Selanjutnya, Algoritma tersebut akan diterjemahkan menjadi kode-kode program.

1) Jalankan program RoboMind

 

2) Untuk memilih map yang sesuai, dari menu File, klik perintah Open Map. Kotak dialog Open akan ditampilkan.

 

3) Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Map baru akan ditampilkan di jendela RoboMind.

 

4) Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Oleh karena itu, perintah untuk menuliskan huruf tersebut akan ditempatkan dalam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil berulang-ulang dan kita tidak perlu menuliskan kode yang sama berulang kali.

 

5) Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf I.

    Forward (3)

    Left

    Forward (8)

    Right 

 

6) Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf I.

    #Huruf I

   PaintWhite

   Forward (2)

   StopPainting

 

7) Tambahkan kode berikut, untuk menempatkan robot di posisi awal menuliskan huruf A

   Right

   Forward (2)

   Left

   Backward (2)

 

8) Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf A. Dalam hal ini, kita akan menuliskan huruf A dengan cara memanggil Procedure A.

   #Huruf A

   A ( )

 

9) Tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain.

 

10) Untuk melihat apakah kode program bekerja dengan baik, jalankan program tersebut.

 

11) Jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.

 

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

- Variabel adalah nilai-nilai yang perlu dibaca program yang perlu disimpan dalam suatu objek.

- Tipe Data akan menentukan nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh variable tersebut.

 

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

 

1) Jalankan Sratch dan buatlah proyek baru

 

2) Tambahkan variabel-variabel

 

3) Pada blok Events, tambahkan blok perintah ‘When click’ ke block Code untuk mengatur cara menjalankan program.

 

4) Agar variabel-variabel tidak ditampilkan di stage, tambahkan dua perintah hide variable  pada blok Variables untuk menyembunyikan variabel-variabel.

 

5) Untuk meminta input dari pengguna, tambahkan perintah ‘ask – and wait’ pada blok Sensing.

 

6) Untuk menyimpan input dari pengguna ke variabel yang disediakan, tambahkan blok perintah set-1 to dan tambahkan blok perintah ‘answer’ ke blok perintah tersebut.

 

7) Dengan cara yang sama, gunakan blok perintah yang sama untuk meminta dan menangkap nilai input untuk variabel-variabel.

 

8) Untuk menampilkan hasil penghitungan kepada pengguna, tambahkan perintah ‘say – for – second’ dari blok Looks. 

 

9) Jalankan program dan berikan input.

 

10) Simpan program yang sudah dibuat.

 

6. Jelaskan tipe tipe data yang dapat digunakan di scratch!

- Tipe data Boolean = Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False.

- Tipe data numerik = Menyimpan nilai yang berupa bilangan atau angka.

- Tipe data teks atau string = Menyimpan nilai yang berupa teks.

 

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan nilai berupa bilangan atau angka sedangkan, tipe data teks digunakan untuk menyimpan nilai berupa teks.

 

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

START

Move ‘Posisi Awal’

WRITE ‘K’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘Y’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘N’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

END

 

9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

Digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False. Variabel dengan tipe Boolean biasanya digunakan untuk menyimpan nilai dari suatu pengujian kondisi.

 

10. Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

Forward (3)

Left

Forward (8)

Right

 

#Huruf K 

PaintWhite 

Forward (2)

Backward

Right

Forward

Right

Forward

Backward

Left

Forward

Left

Forward

StopPainting

 

 

Kayana Damita Hanafy

8D/13



Comments

Popular Posts